Akhir Tahun 2023 BLK Kediri Gelar Pelatihan Pengelasan FCAW Bagi Calon PMI ke Korsel

Biro Kediri, - 

Ag892kediriraya.com,-Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja (BLK) melaksanakan kegiatan pelatihan bagi calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada bulan Desember 2023. Dalam pelatihan yang diikuti oleh 16 peserta ini, akan mendapatkan ilmu seputar teknik proses Pengelasan FCAW (Flux Core Arc Welding) yakni sebuah proses pengelasan yang menggunakan sumber panas yang berasal dari energi listrik. 

Instruktur pelatihan pengelasan FCAW, Alvinura Fajrin menjelaskan dalam pelatihan di akhir tahun 2023 ini, target utama adalah peserta lulus dan akan diarahkan menjadi calon Pekerja Imigran Indonesia di negara Korea Selatan. 

"Tahun ini ada dua kelas FCAW dengan harapan peserta yang lolos bisa bekerja dengan baik nantinya," kata Alvin, Kamis (7/12/2023). 

Untuk dapat lulus dalam pelatihan itu, lanjut Alvin, para peserta harus melaksanakan 4 unit kompetisi. Diantaranya yakni 

Melaksanakan kesiapan tempat kerja, membuat sambungan las filet sesuai sambungannya, membuat las kampuh sesuai dengan prosedur las. 

"Dan terakhir adalah memperbaiki hasil dari pengelasan itu. Kalau semua nilainya baik pasti akan lolos," ungkapnya. 

Sementara itu, sebelum bisa berangkat menjadi PMI di Korsel, diakhir pelatihan, para peserta akan mengikuti uji kompetensi yg dilaksanakan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi). Diharapkan para peserta selama mengikuti kegiatan pelatihan ini dapat menyerap ilmu sebaik mungkin agar dapat lolos seleksi ke Korsel. 

"Materinya mulai dari pengelasan 1F, 2F, 3F dan 1G, 2G, 3G. 

Nanti kalau lolos akan mengikuti tes kosipa ke Korsel sebagai syarat sesuai standar negara Korsel," tutupnya.(Ag892/Aline)

Posting Komentar

0 Komentar