Libatkan 1000 Guru, Sendratari Kolosal Semarakkan HGN Kabupaten Kediri

BIRO KEDIRI,

Ag892kediriraya.com,-Peringati Hari Guru Nasional (HGN) ke 78 tahun 2023, Sabtu (25/11) pagi di hadiri Wakil Bupati (Wabup) Kediri Dewi Mariya Ulfa.

Kehadiran Mbak Dewi sapaan akrab Dewi Mariya Ulfa Wakil Bupati Kediri, didampingi Dr Muhamad Muhsin Kepala Dinas Pendidikan ( Disdik ) Kabupaten Kediri dan pengurus Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) Kabupaten Kediri

Pagelaran akbar di HGN ke 78 di Lapangan Chandra Bhirawa Pare disuguhkan tarian Remo dan sendratari Panji Laras legenda cerita Kabupaten Kediri. Saat itulah Mbak Dewi tergerak ikut menari bersama guru guru yang hadir dan pengurus PGRI Kabupaten Kediri serta 1000 penari terdiri dari guru PAUD/TK, SD dan SMP.  Tak kurang 7000 Guru hadir di HGN kali ini.

Mbak Dewi menyampaikan pesan Mas Dhito,melalui HGN 2023 ini hendaknya kinerja Guru harus meningkat dan profesional dalam kehidupan sehari hari di sekolah dan di rumah. 

"Karena Guru menjadi suri tauladan bagi siapa pun. Terlebih bagi murid muridnya. Guru juga harus bisa edukasi muridnya untuk bisa mencegah terjadinya perundungan di sekolah dan luar sekolah, " jelasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Muhammad Muhsin menambahkan, tarian kolosal kupu-kupu manis yang diperagakan para guru tersebut menunjukkan bahwa kehadiran guru bak bunga yang ada madunya.

Ibaratnya, kata Muhsin, semua masyarakat berharap kebaikan dan keuntungan kepada bunga yang sedang mekar tersebut.

Dr Mohamad Muhsin juga menambahkan, sangat mengapresiasinya atas partisipasi Guru di seluruh Kabupaten Kediri di HGN ke 78 tahun 2023 ini.

Hal itu dibuktikan prestasi yang diraih Kabupaten Kediri dalam Anugerah Guru Prima Jawa Timur tahun 2023. Dalam ajang tersebut tiga guru Kabupaten Kediri berhasil meraih prestasi dan mengantarkan Kabupaten Kediri sebagai salah juara umum. 

"Peran Guru kedepan harus semakin  meningkat dan banyak prestasi yang diraih demi pemajuan pendidikan di Kabupaten Kediri,"tuturnya.

Untuk diketahui, total guru di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Kediri, berjumlah 19.995 tenaga pengajar.

Sedangkan guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri ada 14.000 tenaga pengajar. Sebanyak 6.400 guru ASN, sisanya non-ASN.(nyo) 

Posting Komentar

0 Komentar