Wakili Jawa Timur, TPS 3R Wates Bersinar Raih Penghargaan Dari Kementerian PUPR RI

Biro Kediri,

Ag892kediriraya.com,-Kelompok Pemanfaatan dan Pemberdayaan (KPP) Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recycle (TPS 3R) Wates Bersinar Desa Wates Kecamatan Wates Kabupaten Kediri, Jawa Timur menerima penghargaan dari Kementerian PUPR RI, Senin (30/10/2023).

Pemberian penghargaan ini juga dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia dan Hari Kota Dunia (HHD-HKD) Tahun 2023 yang bertemakan “Ekonomi Perkotaan yang Tangguh menuju Permukiman Berkelanjutan untuk Semua” Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya, di Gedung Auditorium Kementerian PUPR JI. Pattimura No.20, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tokoh penggiat muda desa Wates yang juga ketua Relawan TPS3R Wates Bersinar Arvan mengatakan, bahwa TPS 3R Wates Bersinar mewakili Kabupaten Kediri dan wakil satu satunya dari Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan dari Kementerian PUPR RI di Jakarta. 

Diterangkan Arvan, bahwa perjalanan kami cukup panjang hingga hari kebanggan ini kami dapatkan.TPS 3R Wates Bersinar mulai aktif pada 20 September 2018 hingga sekarang memasuki tahun ke lima, dan di tahun ke 5 ini kami bisa mandiri.

"Kami bangga TPS 3R Wates Bersinar mewakili Kab Kediri dan satu satunya wakil dari Jawa Timur untuk menerima penghargaan dari PUPR RI. Hal ini semua berkat kekompakan dan sebagai bentuk kerja keras seluruh teman teman hingga menghasilkan prestasi yang bisa kami banggakan sebagai warga Desa Wates Kabupaten Kediri," ucapnya.

Ditambahkan Arvan bahwa saat ini TPS3R Wates Bersinar hampir mendekati target Nasional, hal ini juga berkat kerja keras seluruh relawan dan Alhamdulillah bahwa tahun ini kami sudah bisa mandiri.  "Saat ini TPS 3R Wates Bersinar melayani 750 pelanggan yang ada di 3 dusun di Desa Wates, hal itu terdiri dari warung, pertokoan serta perkantoran," terangnya.

"Dengan adanya Program TPS-3R, masyarakat diajak untuk mengubah perilakunya agar membuang sampah pada tempatnya dan melakukan pengelolaan 3R terhadap sampah yang mereka hasilkan," tuturnya.

Dilain tempat, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri Putut Agung Subekti Melalui Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 Arman Fuadi mengucapkan, Syukur alhamdulillah dan selamat atas keberhasilan TPS3R Wates Bersinar mendapatkan apresisasi dari Kemen PUPR. 

"Ini merupakan buah kerja keras semua pihak mulai dari Pemdes Wates, jajaran Pengurus KSM Wates Bersinar dan pendampingan dari DLH Kab. Kediri yang telah memberikan pelayanan kepada masyarakat Ds. Wates dalam pengelolaan sampah. Tetap semangat & tingkatkan kinerjanya untuk menciptakan Budaya Bersih di Wates dan sekitarnya," kata Arman.

Ditambahkan Arman, Semoga ini dapat memotivasi dan menginspirasi kepada teman teman Pengurus TPS3R di seluruh Kab. Kediri yang masih awal berdiri dan juga yang sudah beroperasi untuk bersama sama memberikan pelayanan persampahan di wilayahnya masing - masing.

"Memang permasalahan harus diselesaikan bersama dengan cara kolaborasi dan kerja sama yang baik dan berkesinambungan, antara berbagai unsur mulai dari Pemerintah, Masyarakat, Badan Usaha, Akademisi dan Komunitas Komunitas Penggiat Sampah dengan didukung kecukupan sarana prasana pengolahan sampah," tukasnya.(Adv/fan)

Posting Komentar

0 Komentar