Peringati Hari Sumpah Pemuda, SMPN 1 Plemahan Menggelar Sosialisasi Anti Bullying, Kekerasan dan Narkoba

 


Biro Kediri,

Ag892kediriraya.com,-Bulan Oktober menjadi salah satu bulan istimewa di Indonesia selain bulan Agustus. dikarenakan, pada bulan inilah terjadi salah satu peristiwa yang menggugah semangat persatuan dan kesatuan, yakni peristiwa Sumpah Pemuda yang diselenggarakan dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928

Sebagai bentuk peringatan untuk mengenang para pejuang pemudi dan pemuda dimasa dahulu, Pada hari Sabtu, 28 Oktober 2023 SMPN 1 Plemahan melaksanakan kegiatan upacara hari Sumpah Pemuda yang kemudian dilanjutkan dengan 

menggelar sosialisasi untuk mewujudkan karakter profil pelajar pancasila bertajuk " Sosialisasi Anti Bullying/Perundungan, Kekerasan Seksual dan Narkoba".

Kanit Binmas Polsek Plemahan Aipda Aris Wahyu mengatakan,  perundungan atau bullying adalah perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal fisik ataupun sosial didunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati dan tertekan baik dilakukan oleh perorangan ataupun kelompok.

“Perundungan merupakan perilaku tidak menyenangkan baik secara verbal, fisik, ataupun sosial. Hal ini bisa dilakukan baik didunia nyata maupun dunia maya yang membuat seseorang merasa tidak nyaman, sakit hati, dan tertekan, pelakunya bisa perorangan ataupun kelompok,” ungkapnya. Sabtu (28/10).

Masih ucap Aris, upaya pencegahan bullying oleh anak dapat dilakukan dengan mengembangkan budaya pertemanan yang positif, saling mendukung satu sama lain, merangkul teman yang menjadi korban bullying, memahami dan menerima perbedaan tiap individu dilingkungan sebaya dan ikut serta membuat dan menegakkan aturan sekolah terkait pencegahan bullying.

Sementara itu Kepela SMPN 1 Plemahan Moh. Hadi Nursalim sangat mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh pihak Polres Kediri dan Kodim 08/09 Kediri dalam memberikan pembinaan dan penyuluhan ke sekolah- sekolah.

“Saya berharap bahwa kegiatan ini dapat menjadi langkah awal yang kuat dalam menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari tindakan bullying.”kata Hadi Nursalim.

Diharapkan dengan adanya pembinaan dan penyuluhan ini, para siswa dapat lebih peka terhadap tindakan bullying dan ikut serta dalam menciptakan lingkungan yang lebih positif dan harmonis, imbuh Hadi Nursalim.

Hadir dalam kegiatan ini, Kanit Binmas dan Kanit Reskrim Polsek Plemahan Polres Kediri, Kepala Sekolah SMPN 1 Plemahan serta Babinsa Koramil Plemahan Kodim 08/09 Kediri.(Ag892/Fan)

Posting Komentar

0 Komentar