50 Siswa SMPN 1 Plemahan Ikuti Gladi Bersih Asessment Nasional Berbasis Komputer

Biro Kediri,

Ag892kediriraya.com,-Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Plemahan, Jalan PLK, Ds. Bogokidul, Kec. Plemahan, Kab. Kediri, melaksanakan Gladi Bersih Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang dilaksanakan   pada 11 - 14 September 2023.

Pada gladi bersih ini peserta yang ikut sebanyak 50 siswa dengan rincian 45 siswa sebagai peserta utama dan 5 siswa sebagai cadangan. Pelaksanaan terbagi menjadi tiga sesi yang di mulai pukul 07.30 dan berakhir pukul 16.30.

Kepala Sekolah SMPN Plemahan Moh.  Hadi Nursalim mengatakan, gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) bertujuan untuk melatih kesiapan Proktor dan Teknisi ANBK, dan mengecek kondisi persiapan pelaksanaan ANBK, serta tidak lupa mengecek segala sarana prasarana terkaiat dengan ANBK tersebut.

“Pelaksanaan gladi bersih ANBK ini sudah kami siapkan dan sementara ini tidak ada kendala, baik perangkat lunak maupun kelengkapan lainnya. Hal ini, untuk memastikan aplikasi yang digunakan pada pelaksanaan ANBK dapat berjalan dengan baik,” ujarnya. Rabu (13/9).

Moh. Hadi Nursalim juga menambahkan, salah satu tujuan utama dari gladi bersih ANBK adalah untuk membantu siswa mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi ujian ANBK yang sebenarnya. "Gladi bersih ini memberikan pengalaman nyata kepada siswa tentang bagaimana ujian yang akan dijalankan, tampilan perangkat lunak, dan jenis pertanyaan yang mungkin muncul,” tambahnya lagi.

Dengan kata lain, ujar Moh. Hadi Nursalim, gladi bersih ANBK dimaksudkan untuk uji coba infrastruktur, tim teknis, proktor, dan teknisi di Pusat, Provinsi, Daerah dan Satuan Pendidikan pada jenjang pendidikan SMP.

Sebelum pelaksanaan gladi bersih ini, Moh Hadi Nursalim juga memberi pembekalan kepada seluruh peserta untuk belajar soal literasi dan numerasi dengan harapan nantinya peserta ANBK dapat mengerjakan soal yang disajikan.

Masih kata Kepala SMPN 1 Plemahan Moh Hadi Nursalim, bahwa SMPN 1 Plemahan pada ANBK 2022 tahun kemarin mendapatkan rangking 10 besar di Kabupaten Kediri.

Dilain tempat Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Fadeli, S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa gladi bersih ANBK yang sekarang dilakukan nantinya pada ANBK yang sebenarnya tidak ada kendala baik secara teknis maupun non teknis.

Fadeli juga berharap dengan adanya gladi bersih ini agar nantinya saat kita menghadapi ANBK yang sesungguhnya tidak ada lagi kendala yang dihadapi baik teknis maupun non teknis,  ataupun jika memang terjadi kendala sudah ada antisipasi yang disiapkan.

“Gladi bersih ANBK juga digunakan untuk mengukur kemampuan akademik siswa dalam mata pelajaran tertentu. Ini membantu guru dan sekolah untuk menilai sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran yang diajarkan,” pungkasnya. (fan) (Ag892/fan)

Posting Komentar

0 Komentar