Antusias Masyarakat Gedang Sewu Pare Gelar Kirab Budaya Dan Bersih Desa

Biro Kediri 

Ag892kediriraya.com,-Tradisi Bulan Suro bagi warga Kediri ini harus digelar, jika memang tidak ingin adanya halangan di masa mendatang. Hampir di seluruh desa di Kabupaten Kediri melaksanakan Upacara Bersih Desa di Bulan Suro. Salah satunya di Desa Gedangsewu Kecamatan Pare Kabupaten Kediri menggelar tradisi grebeg suro, Jumat (4/8/2023) pagi. Ritual sakral ini dilaksanakan dalam rangka perayaan Tahun Baru Islam 1445 Hijriah sekaligus menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78.

"Acara ini sudah digelar dua kali, jadi tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur atas kelimpahan rejeki di desa ini," jelas Kepala Desa Gedangsewu, Ruslan Abdul Ghani usai acara.

Pada tahun kedua tradisi grebeg suro di Desa Gedangsewu ini digelar lebih meriah. Apalagi bertepatan pada bulan Agustus, dimana Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya. Dari pantauan dislokasi, sejak pagi hari, arakan puluhan tumpang sebagai bentuk sedekah bumi berjalan beriringan dari lapangan desa menuju area Wisata Sumber Wungu.

"Jadi ada doa bersama, kirab budaya dan juga uri-uri budaya. Di sumber ini pula dulu nenek moyang kita babat alas, jadi kita harus ingat dan lestarikan," terangnya.

Ruslan meyakini dengan perayaan seperti ini generasi muda bisa tetap ingat dengan sejarah. Selain itu, momen nuansa kemerdekaan juga ditampilkan agar rasa cinta tanah air semakin tinggi.

"Harapan saya warga Gedangsewu bisa tetap tenang, jangan ribut, kalau nanti pemilu ada pilihan berbeda jangan terpisah tapi tetap damai," ungkapnya. (Ag892/Sigit)

Posting Komentar

0 Komentar