Belasan Pemuda Wonorejo Wates Mendapat Pelatihan Intalasi Listrik Dari BLK Kediri

Ket Foto: Yuli Hardianto, Instruktur Pelatihan Intalasi Listrik Dari BLK Kediri
. foto/roh/2023)

Biro Kediri

Ag892kediriraya.com,-Sebanyak enam belas pemuda Desa Wonorejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri menerima pelatihan kejuruan dari UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kediri.

Dalam pelatihan yang digelar di Aula Masjid Al mukminun, Dusun Bolorejo Desa setempat itu, mereka mendapat pelatihan pemasangan instalasi listrik bangunan sederhana.

Selama sebulan lamanya mereka diberi pelatihan ketrampilan agar mereka siap bersaing di pasar kerja. Selain itu, para peserta yang didominasi para remaja ini juga akan mendapat sertifikat ketrampilan usai mereka mengikuti pelatihan.

Yuli Hardianto, Instruktur Pelatihan dari BLK Kediri, ketika dikonfirmasi On Air Fm mengatakan, peserta yang mengikuti pelatihan yang ia bimbing merupakan pemuda asli Desa setempat.

Para pemuda ini, kata Hardianto, merupakan Pemuda Desa setempat yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Mereka dibekali keterampilan merakit instalasi listrik selama satu bulan.

"Programnya 30 hari kerja, mulainya tanggal 26 Juli 2023, berakhir tanggal 6 September. Adapun sasarannya drop out sekolah, yang tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi" Ujar Yuli Hardianto, saat ditemui di lokasi pelatihan Rabu pagi (23/08/2023).

Yuli menyebut, pelatihan yang digelar BLK ini berbeda dengan yang digelar Dinas Sosial (Dinsos). Pelatihan yang digelar Dinsos, kata dia, diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu, sehingga diakhir pelatihan akan mendapat peralatan.

Hal itu tentu berbeda dengan pelatihan yang digelar BLK, dimana tujuannya menyiapkan peserta untuk bersaing di pasar kerja. 

"Harapannya setelah lulus, para peserta nanti akan mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya" lanjut Yuli.

Usai lulus pelatihan nanti, menurut Yuli, para peserta ini juga akan mendapat pendampingan untuk masuk pasar kerja.

"Di BLK ada namanya UKK atau usaha kerja khusus, disitu menjadi tempat bertemunya pemberi kerja dan pencari kerja exs BLK" tukasnya.

Reporter: */Ag892/Roh

Posting Komentar

0 Komentar