Masuk Nominasi Lomba Berseri, Tim Juri Dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim, Kunjungi Desa Tertek

Biro Kediri - 

Ag892kediriraya.com,-Desa Tertek Kecamatan Pare wakili Kabupaten Kediri dalam pelaksanaan program Desa/Kelurahan Bersih dan Lestari (Berseri) yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur. Desa Tertek dinyatakan lolos administrasi sehingga berhak mengikuti tahap selanjutnya bersama desa dan kelurahan se Jawa Timur untuk verifikasi peninjauan di lapangan.

"Dan sebenarnya kategori ini yang dinilai adalah mulai tahap administrasi dan sekarang tahap peninjauan atau penilaian lokasi mulai dari balai desa, lingkungan rt dan rw apakah betul asri, termasuk sanitasi airnya, pengolahan sampah juga," kata Dyah, salah satu juri perlombaan.

Dyah bersama juri lain Susmiati menuturkan jika proses ini lolos nantinya bisa masuk ke tahap selanjutnya dan bisa masuk dalam kategori juara. 

Desa berseri tingkat Jatim ini sendiri lanjutnya, adalah program kampung iklim dari Kementerian. Program ini juga telah digelar sejak tahun 2009 silam. Indikator utama dalam penilaian disesuaikan dengan isu pemanasan global. 

"Harapan kami semua warga di tingkat desa juga bisa ikut melestarikan lingkungan dengan menanam sayur, memelihara air dan membuat sanitasi air yang memadai," terangnya. 

Terakhir, Dyah menyampaikan agar semua warga bisa sama merawat lingkungan dan semua bisa menjaga bumi agar tidak semakin panas. Selain itu tanah bisa lebih dingin semua biar sehat. 

"Imbauan kepada seluruh warga harus berbuat sesuai konservasi air, energi dan jangan mengeluh saja harus menjaga juga agar semakin dingin lagi," ungkapnya.

Saat ditemui Reporter Ag892 Kepala Desa Tertek H. Suratemin SE mengatakan, iya berharap agar penilaian kemarin berjalan dengan lancar. Dengan berkontribusi pada perlombaan Desa Berseri tingkat provinsi kategori Pratama ini, pihaknya juga berharap mudah-mudahan bisa lolos supaya menjadikan penyemangat aktivitas lingkungan. "Karena ini bukan pertama karena di Februari juga

Kemarin tingkat provinsi namun yang mengadakan adalah PKK bukan kementerian," paparnya. 

Selagi menunggu keputusan dewan juri perlombaan tersebut, Suratmin mengaku desanya juga tengah menyiapkan menghadapi lomba di tingkat pusat dan lomba kampung KB terkait lingkungan. Pihaknya membeberkan jika Desa Tertek selalu menjadikan wakil di Kecamatan Pare maupun Kabupaten Kediri untuk mengikuti lomba yang berkaitan dengan lingkungan. 

Untuk persiapan, dia tidak risau, karena semua administrasi dan lingkungan serta warga masyarakat Tertek sudah siap. 

"Intinya masyarakat kita sebelumnya sudah terbiasa dalam menerapkan pola hidup sehat, semoga bisa ditiru oleh desa maupun warga lain sebagai penyemangat juga," tandasnya.

REPORTER:AG892/Sigit

Posting Komentar

0 Komentar