UPT Balai Latihan Kerja Kediri Beri Pelatihan Batik Tulis, Masyarakat Kesamben Blitar Harap Ada Pelatihan Lanjutan

 


Biro Kediri 

BERITA AG892KEDIRIRAYA.COM

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  Provinsi Jawa Timur, melalui UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kediri memberi pelatihan kejuruan pembuatan batik tulis  untuk masyarakat Kacamatan Kesamben, Kabupaten Blitar.


Kegiatan yang dilakukam di Desa Siraman ini, di ikuti oleh 16 orang, dan digelar selama satu bulan penuh.


Para peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh  desa di wilayah Kecamatan Kasemben ini nampak antusias mengikuti kegiatan.

Ditemui dilokasi pelatihan, Dwi Andayani, pembimbing batik sekaligus pendamping pelatihan, mengatakan, para peserta mengambil icon dari desanya masing-masing untuk dijadikan  motif.


"Dari berbagai jenis yang digambar kemudian di gabung untuk dijadikan kain" ujar Dwi Andayani saat di temui On Air Fm di lokasi pelatihan, yang berada di Desa Siraman, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Senin Siang (27/02/2023)


Perempuan berkacamata ini berharap, para perserta pelatihan tidak akan berhenti saat usai pelatihan, namun bisa terus berkarya dengan memanfaatkan pengalaman selama mengikuti pelatihan.


"Kita  berharap, pelatihan ini akan membawa dampak terhadap income ekonomi keluarganya menjadi meningkat" Imbuh Dwi Andayani.


Salah satu peserta, Winayati, mengaku  senang dengan pelatihan ini. Menurutnya, kegiatan ini sangat membantu dia dan para ibu-ibu di Kecamatan Kasemben.


Jika sebelumnya hanya merasa kagum dengan batik, kata Winayati, kini dirinya bersama peserta lain bisa membuat sandiri kain batik, bahkan motifnyapun mereka yang menentukan.


"Dulu hanya berangan-angan, tapi berkat pelatihan dari BLK Kediri, kita semua bisa membuat sendiri" Ucap Winayati 

Perempuan yang punya keahlian menjahit ini  juga berharap, dukungan pemerintah terhadap pengembangan potensi dan keahlian yang dimiliki para peserta  ini.


"Semoga nanti akan ada pelatihan lanjutan mas" Tutupnya.

Reporter: AG892/Sigit

Posting Komentar

0 Komentar