FKBN DIY hadiri acara ramah tamah dengan Pemda DIY di Kepatihan

 

BIRO JOGJAKARTA 

BERITA AG892KEDIRIRAYA.COM KEDIRI

Forum Kader Bela Negara satuan kerja Bakorwil DIY menghadiri acara ramah tamah Pemda DIY dengan generasi muda yang diwakili oleh Kader Pembina Bela Negara ( Alumni UNHAN RI dan Alumni latsarmil KOMCAD Tri Matra di DIY ) dengan tema “Reaktualisasi Nilai - Nilai Kepahlawanan dimata Generasi Muda untuk Menyongsong Jogja Masa Depan” di Bangsal Wiyatapraja, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada hari Jumat (11/11/2022).


Acara ramah tamah tersebut dihadiri oleh sekda DIY, keluarga kasultanan ngayogjakarta hadiningrat, keluarga kadipaten pakualaman, organisasi kepemudaan, pimpinan kampus dan beberapa perwakilan mahasiswa dan pelajar. 


Selain acara gala dinner, acara ramah tamah tersebut juga diisi dengan acara talk show yang dihadiri oleh 3 narasumber. Narasumber pertama yaitu Dr. Sudibyo dari departemen bahasa dan sastra, fakultas ilmu budaya UGM yang memaparkan bagaimana proses yang pada akhirnya Kanjeng Gusti pangeran Adipati Arya (KGPAA) Paku Alam VIII dianugrahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo. Narasumber kedua dan ketiga yaitu Bapak Bagus Harya Wibisono, cucu pertama Brigjen Katamso dan  Bapak Ganis Priyono, anak ke enam dari Kolonel Sugiyono.


Pada kesempatan tersebut, Bapak Bagus dan Bapak Ganis sebagai cucu dan anak dari pahlawan revolusi membagikan kisah yang terjadi pada bapak dan kakek mereka pada tragedi bulan September 1965 silam atau sering kita kenal dengan G30S/PKI. Hal tersebut tentu saja sangat bermanfaat bagi generasi muda khususnya agar tetap tau tentang sejarah kepahlawanan di Indonesia pada umumnya dan di Yogyakarta pada khususnya.

Menurut Daru Putri Kusumaningtyas selaku Sekwil FKBN DIY, "dengan kita mengetahui sejarah, harapannya akan muncul juga rasa cinta tanah air, pada generasi muda".


Asep Susilo A.S, selaku Prajurit Komcad sekaligus Wakil Kepala Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara DIY menambahkan "cinta tanah air yang muncul tersebut merupakan tonggak awal dari Bela Negara dimana nilai-nilai dasar bela negara  diantaranya cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban demi bangsa dan negara, dan memiliki kemampuan awal bela negara." ( Humas FKBN DIY )

REPORTER:AG892

Posting Komentar

0 Komentar