Forkopincam Puncu Meriahkan Biro Carnival fashion 2022



 Biro Kediri - 

BERITA AG892KEDIRIRAYA.COM KEDIRI

Ratusan masyarakat Kediri rela berpanas-panasan untuk menunggu para peserta Biro Fashion Carnival lewat di atas karpet merah, Minggu (2/10/2022) siang. Acara yang digelar di sepanjang jalan Biro Desa Wonorejo Kecamatan Puncu ini penuh setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. 


Acara Biro Carnival Fashion 2022 ini juga dihadiri Camat Puncu Hadi Muljo,Kapolsek Puncu AKP Gatot Pesantoro,Danramil 0809/21 Puncu Lettu Dwi Agus Harianto, Anggota DPRD Jawa Timur Subianto,Anggota DPRD Kabupaten Kediri, Pendiwan, Darminto, dan tamu undangan dari berbagai organisasi dan komunitas budaya, acara dibuka langsung oleh Subianto dengan ditandai pemukulan gong 3 kali

Para peserta menampilkan pakaian budaya nusantara dari berbagai daerah di Indonesia. ada yang berdandan mengenakan pakaian adat suku, ada yang menampilkan pakaian ala burung garuda, ada pula para peserta yang menari dengan kostum jaman Kerajaan Singosari.


Peserta carnival ini sendiri diikuti oleh 78 tim berasal dari Kediri maupun luar kabupaten, seperti Banyuwangi, Surabaya, Semarang, Salatiga Jawa Tengah bahkan dari Samarinda Kalimantan Timur. 

"Hari ini yang datang ada 78 peserta sebetulnya ada 90 lebih, tapi mungkin ada halangan jadi cuma itu, tapi ini tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya," jelas Ketua Pelaksana Biro Fashion Carnival 2022, Khoirul Anam usai acara. 


Khoirul menjelaskan carnival dengan tema Abipura Nuswantara kali ini mengangkat seni dan budaya yang ada di seluruh Nusantara. Para peserta yang tampil nantinya juga akan diambil tiga terbaik dengan hadiah Rp 15 juta.

Diharapkan dengan adanya even tahunan ini, ke depan bisa lebih menarik dan bisa mengenalkan budaya kepada masyarakat yang melihat. 


"Alhamdulillah hari ini sukses, dan meriah seperti even pertama lalu, intinya even inj juga diharapkan bisa mengangkat budaya dan potensi di Kabupaten Kediri dan semoga kedepan bisa lebih meriah lagi. InsyaAllah juga akan menggandeng dinas dari Provinsi," ungkapnya. 


Sementara itu, salah satu peserta carnival dari Desa Siman Kecamatan Kepung, Sekar Andini merasa sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari pagelaran budaya ini. Dia bersama dua teman lainnya mengangkat tema budaya Papua dengan kostum dan corak khas timur. 


Meski baru pertama kali, ia mengaku ketagihan dan ingin ikut kembali pada tahun depan. 


"Nervous tadi pas jalan di atas karpet, tapi senang bisa menampilkan busana di Biro Fashion Carnival 2022 ini. Untuk persiapan kami hanya satu Minggu, semoga bisa menghibur warga di sini," ungkapnya.

Selain penampilan fashion show, pada Biro Fashion Carnival 2022 ini juga ditampilkan beberapa aksi khas Kabupaten Kediri seperti tarian Lintang Gumintang dan Seni Rampak Barong.

REPORTER:AG892/ Sigit

Posting Komentar

0 Komentar