Dengan Tema "Purnomo Bodro" Ndalem Dewobroto Desa Bulu pasar Kecamatan Pagu Gelar Pertunjukan Spektakuler


Biro Kediri 

BERITA AG892KEDIRIRAYA.COM KEDIRI

Ndalem Dewobroto yang terletak di Desa Bulupasar, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri menggelar pertunjukan kesenian  yang diberi nama  'Purnomo Bodro' pada selasa malam (14/06/2022) 


Hadir dalam acara tersebut diantaranya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo Msi, budayawan dari Forum Kader Bela Negara (FKBN) dan para tokoh  masyarakat sekitar.


Acara yang diawali Lantunan Macapat  pangkur  dan dilanjutkan tarian bambangan cakil ini mampu membuat para undangan yang hadir ditempat itu  terpesona. Terlebih saat tarian bambangan cakil dimulai, gerak lincah dua penari yang menggambarkan kesatria melawan denawa ini seakan mampu menghipnotis para penonton yang menyaksikan.


Selain pertunjukkan yang menarik, Ada yang unik dari pagelaran itu, dimana Jalan masuk kelokasi dibuat Steril, kendaraan tidak boleh masuk sehingga tamu yang datang ke tempat ini di jemput dari pinggir jalan raya menggunakan Kereta Kencana. 

Sepanjang jalan masuk  diterangi obor/oncor (lampu dari bambu) sehingga menambah keunikan tempat ini. Tiba di pintu gapura disambut dua penerima tamu  laki-laki dan perempuan yang menggunakan pakaian adat jawa. Ketika masuk kedalam pendopo ndalem langsung disuguhi gending jawa secara live.


Usai pagelaran Kanjeng Raden Tumengggung (KRT) Bimo Dewobroto yang merupakan abdi dalem  Kraton Solo mengatakan, kedepan pagelaran seperti ini akan digelar sebulan sekali setiap bulan purnama. 


Menurut pria yang  mempunyai tugas melestarikan budaya yang berasal dari Kraton ini, pada bulan agustus nanti akan diadakan suran agung Festival Ndalem Dewabrata dimana didalamnya akan ada jamasan pusaka hingga pagelaran wayang kulit.


"Harapan saya di Kediri akan banyak tumbuh sangar-sanggar seni untuk memperkuat jati diri bangsa'" ucap Bimo ketika dikonfirmasi Ag892 usai acara


Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo sangat mengapresiasi pagelaran ini. Menurutnya ini merupakan gebrakan langkah maju kebudayaan dan kesenian, yang mana di Kabupaten Kediri belum ada tempat  yang dituju untuk pertunjukan seni seperti ini.


"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kediri dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengucapkan terima kasih dan akan Support terus pagelaran seni dan budaya seperti ini, seperti visi misi masbup pada butir kedelapan" Ujar Wignyo


Dalam kesempatan itu Adi Suwignyo juga menyebut bahwa bulan agustus mendatang akan ada event yang akan melibatkan seluruh dinas, masyarakat hingga pelaku seni. 


Reporter: AG892/Kallo

Posting Komentar

0 Komentar